Selasa, 11 Agustus 2015

Ini Mobil Terlaris di Korea Utara

// // Leave a Comment
London, KompasOtomotif - Apa mobil terlaris di Korea Utara? Sebagai negara tertutup, negeri  di bawah komando Kim Jong-un ini memang tak banyak mengumbar informasi soal otomotif. Namun pekan lalu,AutoExpress mengutip dari kesimpulan bestsellingcarsblog.com,menyebutkan kalaumobil dengan populasi terbanyak adalah sedan Hawtai Lusheng E70.

Hawtai atau bernama resmi Rongcheng HawTai Automobile Company Limited merupakan merek asal Beijing, China. Perusahaan ini bekerja sama dengan pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai Motors dan tetap menggunakan teknologinya hingga sekarang.

Mulai 2013 Hawtai mengekspor 200 unit Lusheng E70 sebagai taksi di Pyongyang, Korea Utara. Impor unit ini dipercaya menjadikan Lusheng E70 mobil terlaris di Korea Utara meski tidak ada pernyataan resmi dari pemerintah atau asosiasi otomotif setempat.

Satu-satunya mobil yang paling masuk akal untuk bersaing dengan Lusheng E70 adalah bikinan pabrikan lokal Pyeonghwa Motors yang berdiri sejak 1999. Pyeonghwa menjadi satu-satunya perusahaan yang diizinkan pemerintah untuk memproduksi, membeli, menjual, dan membuat iklan mobil di Korea Utara. Pyeonghwa sekaligus sebagai salah satu dari dua manufaktur yang ada di Korea Utara bersama Pyongsang Auto Works.

Bestsellingcarsblog.ComMPV Pyeonghwa Samchunri menjadi kandidat terkuat sebagai model terlaris di Korea Utara.
Kendaraan multi guna (multi purpose vehicle/MPV) Pyeonghwa Samchunri diduga menjadi satu-satunya pesaing gelar terlaris Lusheng E70. Model ini adalah hasil pemasaran ulang dari produk China berbasis Toyota HiAce 1989, Jinbei Haise. Model terlaris Pyeonghwa setelah Samchunri yaitu sedan Hwiparam II (rebadged Brilliance BS4), dancrossover Premio CUV (rebadged Huanghai Shuguan).

0 komentar:

Posting Komentar